Wednesday, November 21, 2012

Mengenal Iron Dome benteng Udara Israel yg Super Canggih


AFP
Tel Aviv - Ratusan roket milik Hamas ditembakkan ke arah wilayah Israel. Namun hanya sekitar sembilan puluhan roket yang sampai ke wilayah zionis itu. Israel bangga dengan benteng angkasanya yang kuat itu.

Adalah perisai rudal Iron Dome milik Israel yang berhasil menghancurkan hampir sekitar 90 persen roket-roket milik Hamas yang ditembakkan dari Gaza.
"Keberhasilan kami sekitar 90 persen. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah," kata seorang pejabat senior Israel seperti diberitakan nation.time.com, Rabu (21/11/2012).

"Sedikitnya korban di pihak Israel menunjukkan Iron Dome adalah yang paling efektif di dunia dalam uji perisai rudal yang pernah ada," imbuhnya.

Benteng Udara Israel ini dibuat oleh perusahaan senjata bernama Rafael Advanced Defense System. Iron Dome ini diklaim sebagai satu-satunya sistem pertahanan yang dapat menghalau roket, artileri dan mortir. Termasuk sistem pertahanan udara dari serangan pesawat tempur, helikopter.

Iron Dome ini dapat menghentikan ancaman serangan sejauh 70 kilometer dan dapat beroperasi di segala kondisi cuaca. Alat ini memiliki hulu ledak khusus yang dapat meledakkan target apapun di udara dalam hitungan detik. Pengadaan sistem ini tak lepas dari bantuan dana pemerintahan Presiden AS Barack Obama.

Kementerian Pertahanan Israel memilih Iron Dome sebagai solusi terbaik dalam pertahanan dari berbagai ancaman dalam waktu singkat. Israel memutuskan membangun sistem pertahanan udaranya setelah Perang Lebanon pada 2006 di mana saat itu, sekitar 4.000 roket Hizbullah menghujani Israel utara dan menewaskan 44 orang.

Iron Dome diciptakan oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd.
sebuah perusahaan tekniologi pertahanan israel, Rafael dibangun oleh Israel’s National R&D Defense Laboratory untuk membangun senjaga dan teknologi militer untuk kementrian pertahanan. pada tahun 2002
Rafael membangun dan memproduksi teknologi perang untuk angkatan perang israel dan juga untuk di export.

Biaya pembangunan
Israel telah menginvestasi $560 juta untuk Iron Dome, dan dengan bantuan dari USA $275 juta. Pemerintah Israel berencana untuk menambah $190 Juta untuk membangun tempat peluncuran lebih banyak

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes