Friday, November 23, 2012

Distro Linux Khusus Untuk Hacking 2014



Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting


Pada artikel kali ini saya akan coba bahas Distro linux yang paling banyak digunakan untuk hacking atau penetrasi test jaringan (pentest). Penetrasi jaringan adalah proses yang dilakukan oleh seseorang (pentester) untuk masuk ke jaringan atau komputer dengan cara mencari celah keamanan (vulnerability) dalam sistem. Pentesting sangat diperlukan untuk meminimalisasi celah keamanan yang ada. Dengan begitu seseorang yang tidak punya hak tidak akan mudah masuk ke sistem. Yang jelas pentest itu intinya mencari celah keamanan dalam sistem untuk selanjutnya melakukan perbaikan (patch) terhadap celah tersebut.

1. BackTrack
BackTrack adalah salah satu distro linux yang merupakan turunan dari slackware yang mana merupakan merger dari whax dan auditor security collection. Backtrack dua dirilis pada tanggal 6 maret 2007 yang memasukkan lebih dari 300 tool security sedangkan versi beta 3 dari backtrack dirilis pada tanggal 14 desember 2007 yang pada rilis ketiga ini lebih difokuskan untuk support hardware. Sedangkan versi backtrack 3 dirilis pada tanggal 19 juni 2008 pada backtrack versi 3 ini memasukkan saint dan maltego sedangkan nessus tidak dimasukkan serta tetap memakai kernel versi 2.6.21.5. 

Pada BackTrack 4 Final sekarang ini menawarkan kernel linux terbaru yaitu kernel 2.6.30.4. Sekaligus pada Rilis BackTrack 4, dapat dikatakan berpindah basis yakni dari dahulu yang Slackware menjadi berbasis Ubuntu. Dilengkapi juga dengan patch untuk wireless driver untuk menanggulangi serangan wireless injection (wireless injection attacks).

Wireless Injection Backtrack


Backtrack Linux



2. Samurai Web Testing Framework
Nah yang Biasa dengan Web Testing tak salah untuk menggunakan ini. Distro linux ini memang di khususkan untuk web testing. Didalamnya terdapat banyak open source tool pilihan untuk web testing. Seperti dikutif di official webnya, Web testing framework menyediakan tool-tool untuk web test dalam 4 tahap.

Dimulai dengan tahap reconnaissance, distro ini menyediakan tool semacam fierce domain scanner dan maltego. Untuk mapping tersedia tool semacam WebScarab dan ratproxy. tahap Discovery bisa menggunakan tool w3af dan burp. Dan terakhir exploitasi tersedia tool BeEF, AJAXShell dan lainya. versi terakhirnya adalah samurai-0.9.9. 

Samurai Web Testing Framework Desktop


3. NetSecL 
NetSecL adalah Distro linux berbasis OpenSuse Untuk penetrasi jaringan Computer desktop maupun server. Versi terakhir NetsecL 3.2 dengan fitur XFCE memberikan performance yang handal, compatibility dengan OpenSuse 11.4 dan kernel 2.6.32.8. Bagi anda yang biasa dengan lingkungan OpenSuse NetSecl bisa menjadi pilihan untuk melakukan pentest system.


NetSecl Desktop




4. The Live Hacking DVD 
Live Dvd hacking adalah distro linux baru dengan base Ubuntu yang berisi tool-tool untuk ethical hacking, pentest, dan countermeasure. Didalamnya terdapat tool-tool untuk DNS, reconnaissance, foot-printing (mengumpulkan informasi komputer target), password cracking, network sniffing, spoofing dan wireless utilities. Untuk daftar list tool yang tersedia didalamnya bisa langsung chek di official webnya, and disini juga banyak free tutorial dan demo video. 
Live HACKING


5. BlackBuntu
Distro Linux ini sesuai namanya berbasis ubuntu dengan GNOME Desktop Environtment Di buat terutama untuk security training students dan praktisi security jaringan. Built di ubuntuk versi 10.10 dan salah satu distro untuk penetrasi mirip Backtrack. Versi terakhir CE 0.2 .





6. SANS Investigate Forensic Toolkit (SIFT) Workstation 
Yang tertarik di Dunia Forensic komputer. International team of forensic expert Sans Faculty telah membuat distro linux yang di khusunya untuk bidang ini. Distro linux ini telah di release ke public dan bisa digunakan oleh setiap orang yang tertarik untuk 'menangkap intruder' :D. Tookit yang disediakan sudah sesuai dengan perkembangan modern forensic tool. Mungkin Distro ini untuk advance user kayaknya. :D . tapi jika ingin mencobanya bisa baca terlebih dahulu official webnya. 


7. Operator
Satu lagi Distro turunan Debian untuk penestrasi jaringan. Distro yang mirip dengan knoppix yang bootable dari cd dan running di RAM ini dilengkapi juga dengan forensic dan recovery tool.
Operator berisi banyak open source network security tool untuk penetrasi computer dan server anda. langsung saja check out webnya dan download. 


8. Network Security Toolkit (NST)
Keamanan Jaringan Toolkit (NST) adalah CD Fedora berbasis Live yang sarat dengan analisis validasi keamanan jaringan, dan perangkat lunak monitoring yang dapat digunakan pada server enterprise virtual hosting mesin virtual. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan administrator jaringan dengan satu set lengkap alat-alat keamanan open source. NST dilengkapi dengan User Interface Web canggih (Wui) yang digunakan untuk aplikasi jaringan dan keamanan mengkonfigurasi, otomatisasi, dan tugas-tugas lainnya. Di antara fitur-fitur lainnya, ia memiliki basis peramban capture paket dan sistem protokol analisis yang dapat memantau hingga empat antarmuka jaringan menggunakan Wireshark.



9. Pentoo
Pentoo adalah Live CD dan Live USB dibuat terutama untuk pengujian penetrasi dan penilaian keamanan. Berdasarkan Gentoo, tersedia baik sebagai 32 dan 64-bit Live CD. Ini fitur injeksi paket ditambal driver wifi, software GPGPU retak, dan banyak alat yang baik untuk pengujian penetrasi dan penilaian keamanan. Saat ini, standar window manager Pentoo adalah Pencerahan dan menggunakan Kernel Linux 2.6.31.6 dengan patch LZMA dan aufs.


10. nUbuntu
nUbuntu (Jaringan Ubuntu) pada dasarnya adalah sebuah sistem Ubuntu sarat dengan alat pengujian jaringan dan server keamanan. Ini memiliki beberapa program yang paling terkenal keamanan dan hacking seperti nmap, dsniff, Ettercap, dan Wireshark. Sementara nUbuntu terutama berfungsi sebagai platform keamanan pengujian, pengguna tingkat lanjut dapat mengambil keuntungan dari itu sebagai distro desktop penuh-janji. Ia menggunakan manajer jendela Fluxbox sangat cepat dan ringan.








11. STD.
Although this distro sounds very harmful, it can actually be very useful. For your information, STD stands for (Security Tools Distribution). Also known as Knoppix STD, this distro is a customized version of Knoppix and is intended for novice and professional users who are comfortable working from the command line. STD features a good number of information security and network management tools, which are divided into several categories such as encryption utilities, penetration tools, forensic tools, intrusion detection, packet sniffers, wireless tools, and password crackers.




12. Backbox.
Backbox lain Penetrasi Linux pengujian distribusi berbasis Ubuntu. Backbox cukup mudah digunakan dan Anda akan menemukan sedikit lingkungan dekstop jika Anda pengguna setia jendela, seperti yang saya harap Anda. Backbox menawarkan alat Pengujian Penetrasi berbagai layanan dan juga dianggap sebagai salah satu distribusi Linux tercepat yang tersedia di internet. Backbox memiliki serbaguna dan antarmuka yang ramah hacker Jadi, praktisi keamanan semua, Hacker Etis dan ingin menjadi hacker harus memberikan mencoba.


13. Node zero.
Nodezero adalah distribusi linux Ubuntu berbasis yang akan memberikan Anda sekitar 300 alat Pengujian penetrasi. Nodezero menggunakan repositori Ubuntu untuk stabilitas itu begitu mudah dapat tetap up to date.



Download NodZero

14. Gnack Track.
Tunggu, apa? Itu adalah reaksi saya ketika saya menemukan bahwa penulis GnackTrack telah memutuskan untuk tidak mengembangkan distribusi ini karena Backtrack. Alasan GnackTrack dimulai adalah memiliki platform Gnome tapi karena backtrack 5 di luar sana dengan Gnome penulis GnackTrack telah memutuskan untuk berhenti mengembangkannya lebih jauh lagi. GnackTrack didasarkan pada ubuntu 10.10 dan jika Anda masih ingin memeriksanya kemudian


Download Gnacktrack

15. Helix.
Helix is an Ubuntu-based Live CD that is specially made for system analysis, data recovery, security auditing, and incident response. It runs in two modes: Linux mode (boots in native Linux environment) and Windows mode (runs inside a Windows system like a normal application). Helix is mainly aimed towards experienced users and network administrators who are working in computer networks that are constantly bombarded with high-level threats of security breaches and data loss.



16. Damn Vulnerable Linux.
Damn Vulnerable Linux (DVL) is a Slackware and Slax-based live DVD that is intentionally loaded with broken, ill-configured, outdated, and exploitable software for educational purposes. Although DVL doesn't provide users with the usual tools for securing computer networks, it can teach and demonstrate a variety of essential security topics such as web exploitation, SQL injection, vulnerabilities in the Linux kernel and other popular user space software.




Download DVL

Distro Hacking Lainnya 

Kali Linux - Download
Arudius – Download 
Weaknet – Download
Matriux – Download
Vast Linux   – Download 
L.A.S Linux - Download 
Auditor Linux - Download
PHLAK Linux Professional Hacker’s Linux Assault Kit - Download

1 comments:

nada pratama said...

Kereennnn. . (y)

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes