Wednesday, November 21, 2012

Cara Mudah Mengamankan Privasi saat Online


Sekarang ini semakin banyak orang yang menginginkan koneksi internet mereka aman, untuk melindungi privasi online atau dalam beberapa kasus juga bisa digunakan untuk mengakses konten yang mungkin dibatasi (diblokir).

Salah satu cara mengamankan koneksi internet online kita adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Apakah Virtual Private Network itu ? Berikut saya kutip dari Wikipedia.


VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
Dalam tulisan ini kita akan coba lihat alasan mengapa menggunakan VPN dan menjawab pertanyaan umum seperti “Apakah aman untuk menggunakan VPN gratsi?” dan “Apakah menggunakan VPN memperlambat kecepatan koneksi?”

Tiga alasan mengapa kita menggunakan VPN

1. Membuat akses internet aman dan private, mencegah hacker masuk kedalam sistem anda melalui jaringan lokal.

2. Mendapatkan akses gratis dan tanpa filter (blokiran) dari ISP maupun dari Pemerintah.

3. Menyembunyikan alamat ip asli kita saat berselancar di dunia maya, karena saat menggunakan VPN maka ip yang digunakan adalah ip dari server VPN tersebut.

Teknologi VPN memiliki keamanan bagi siapa saja yang mengakses internet baik dari komputer atau telepon. Apakah anda tahu bahwa jika anda menggunakan Wifi publik, komputer anda akan mengirim dan menerima data yang dapat dilihat oleh semua orang ?

Bahkan saat dirumah, website yang anda buka dan informasi yang anda kirim maupun diterima dapat direkam oleh ISP bahkan oleh tetangga kita dan orang lain dengan menggunakan metode hacking. Koneksi VPN akan mencegah hal tersebut terjadi, dengan memastikan semua data aman sampai ke tujuan dan dikirim kembali tanpa bisa dilacak.

Disini kita akan menggunakan koneksi VPN gratis dari justfreevpn.com, anda juga bisa menggunakan VPN berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes